Selasa, 03 Maret 2009

Research

Hari Jumat minggu lalu gw dateng ke seminar temen gw, penelitiannya itu tentang
manajemen pemeliharaan kuda delman,
terus terang menurut gw ini penelitian menarik banget!! Penelitiannya juga simple,

Dosen pembimbing temen gw itu juga komentar bahwa sebenarnya yang namanya penelitian itu gak melulu harus di lab, banyak penelitan simple yang sebenarnya belum ada data basenya, contohnya penelitian di atas, jadi gak usah berfikir terlalu jauh!

Fiuuuhh..denger komentar itu kok gw jadi ngerasa pesimis,merasa bodoh dan merasa paling gak beruntung
Berfikir "iya juga ya, ngepain juga gw oon, mau2an berpusing-pusing ria dgn penelitian di lab kalo sebenarnya ada penelitan yang lebih simple",
Penelitain gw temanya mikrobiologi, bikin starter kultur kefir dalam bentuk tablet..
Penelitian gw ini menurut gw susaaaaahhnya minta ampyun! Selain metodenya yang ribet, mata kuliah mikrobiologi (mata kuliah yang sangat diperlukan tuk penelitian ini) juga belum pernah didapat..dah gitu bahan penelitannya juga gak gampang didapat..

Hmm..tapi setelah merenung lagi, kayaknya gak juga deh kalo dibilang gw oon karena mau ngambil penelitian ini! Justru menurut gw ini tantangan,
Apapun penelitiannya walaupun susah tapi kalo kita tertarik dan enjoy ngejalaninnya pasti akan terasa mudah, sebaliknya walaupun penelitian simple dan gak ribet tapi kalo gak enjoy, yaa..gimana gitu!!